Picture5.jpg

Alo gaes! Pada tanggal 24 Maret ini kita memperingati hari tuberkulosis sedunia yang diperingati agar seluruh masyarakat sadar bahwa penyakit tuberkulosis adalah penyakit yang masih dikategorikan sebagai epidemik di dunia termasuk di Indonesia.

Apa itu tuberkulosis ?
Tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan TB atau TBC adalah penyakit menular yang menyerang organ tubuh, terutama paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Walaupun penyakit ini menular, jangan takut! Kita bisa mengobati dan menghentikan penularan TBC di masyarakat dengan TOSS TBC (Temukan TBC Obati Sampai Sembuh).

Jika kamu terkena TB/ TBC maka selama porses pengobatan harus melakukan pemeriksaan rutin ke puskesmas pada akhir tahap awal (akhir bulan kedua/ ketiga), akhir bulan kelima dan akhir pengobatan untuk memastikan bahwa pengobatan berjalan dengan baik.

Jika memutuskan obat sebelum pengobatan selesai, maka kita bisa menularkan penyakit TBC ke orang disekitar kita, dan bahkan kumannya bisa lebih kuat/ kebal terhadap obat yang kita minum, sehingga pengobatannya harus menggunakan obat yang lebih kuat dan lebih mahal.. serem kan gaes!

Cara yang bisa kita lakukan untuk menghentikan penularan TBC di masyarakat adalah dengan TOSS TBC (Temukan TBC Obati Sampai Sembuh).

Langkah-langkahnya cukup mudah dengan memperhatikan apakah ada yang memiliki gejala TB/TBC di sekitar kita, meminum obat TBC dengan jangka waktu yang ditentukan dan telaten, pemantauan pengobatan secara berkala untuk melihat efektivitas dalam pengobatan.

Jangan lupa juga untuk 5 etika batuk ya teman-teman agar menjaga kesehatan diri sendiri dan orang di sekitr kita:

  1. Gunakan masker
  2. Tutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam
  3. Tutup mulut dan hidung dengan tisu
  4. Jangan lupa membuang sampah pada tempat sampah
  5. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir

Jika kalian menemukan diri kalian/ teman/ kerabat/ tetangga ada yang mengalami gejala batuk lebih dari 2 minggu, keringat di malam hari, dan sesak, segera periksakan untuk ditangani lebih lanjut. Kita negeri kita ya, Gaes! Salam sehat Gaes!


3 comments

  • Fake Mail

    December 26, 2023 at 4:12 pm

    Pretty! This has been a really wonderful post. Many thanks for providing these details.

    Reply

  • Puravive Reviews

    January 13, 2024 at 7:21 pm

    Somebody essentially help to make significantly articles Id state This is the first time I frequented your web page and up to now I surprised with the research you made to make this actual post incredible Fantastic job

    Reply

  • Temp Mail

    January 22, 2024 at 9:52 am

    obviously like your website but you need to test the spelling on quite a few of your posts Several of them are rife with spelling problems and I to find it very troublesome to inform the reality on the other hand Ill certainly come back again

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Konten Terbaru

Selamat datang di Puskesmas Kembangan. Fitur chat ini khusus curhat online remaja
//
Dokter Umum
Kak Wanda
//
Bidan
Kak Ita
//
Ahli Gizi
Kak Desi
//
Dokter Umum
Kak Agnes
//
Dokter Umum
Kak Micca
//
Perawat
Kak Dadang
//
Apoteker
Kak Priska
//
Psikolog
Kak Ros
//
Jak-GO (Jaringan Konsultasi Gigi Online)
Pelayanan Gigi
//
Call Center
Call Center
WhatsApp