Penangangan pertama keseleo / terkilir

August 12, 2022 by Admin0
A3.jpg

Alogaes, apa kabar? Semoga kalian tetap sehat-sehat selalu ya. Di bulan Agustus ini, kita akan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk menyambut hari kemerdekaan, salah satunya adalah dengan mengadakan berbagai perlombaan. Bagaimana dengan kalian, apakah nanti akan ikut serta di perlombaan tujuh belasan di lingkungan kalian? Umumnya perlombaan yang diadakan untuk menyambut tujuh belasan sangat beragam, diantaranya adalah melalui aktivitas olahraga seperti balap karung, tanding bola, dan sebagainya. Untuk itu, pada kesempatan ini kita mau membahas mengenai penanganan pertama keseleo nih, karena kejadian ini pasti pernah kalian alami saat berolahraga dan beraktivitas.

Keseleo atau terkilir disebabkan oleh robeknya ligament, yaitu jaringan yang menghubungkan tulang dengan sendi. Walaupun umumnya terjadi di pergelangan kaki, tapi keseleo juga bisa terjadi di bagian tubuh kita yang lain loh gaes seperti lutut, tangan, ataupun jari. Cedera keseleo terjadi ketika kita menggerakkan sendi-sendi kita diluar jangkauan normal. Kejadian keseleo ini bisa terjadi di semua usia, namun ternyata orang yang sudah pernah mengalami keseleo sebelumnya akan lebih rentan mengalaminya kembali. Faktor-faktor lain yang meningkatkan kemungkinan cedera keseleo antara lain tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga, kondisi tubuh tidak proporsional, berolahraga di lantai yang kasar atau licin, dan berolahraga menggunakan peralatan yang tidak tepat. Nah, bagi kalian yang sudah sering mengalami keseleo, nanti harus lebih hati-hati ya saat berolahraga.

Gejala dari keseleo umumnya berupa bengkak pada persendian disertai rasa sakit, memar, kaku pada area cedera. Untuk penanganan awal kejadian keseleo ternyata bisa kita lakukan sendiri loh gaes. Metode yang direkomendasikan untuk penanganan awal cedera keseleo adalah R.I.C.E.

  • Rest (Istirahat): Mengistirahatkan sendi yang terkilir selama 48 jam. Sebisa mungkin kurangi aktivitas yang membutuhkan gerakan banyak pada sendi yang cedera ya gaes
  • Ice (es): Kompres area terkilir menggunakan es selama 15-20 menit setiap 2-3 jam.
  • Compression (kompres): Mengompres bagian tubuh yang terkilir dengan perban, jangan diikat terlalu kencang
  • Elevation (pengangkatan): Meletakkan bagian tubuh yang keseleo ke tempat yang lebih tinggi dari jantung saat duduk atau berbaring.

Apabila kaki keseleo kalian masih tidak pulih setelah penanganan pertama, baiknya bertemu dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bagaimana dengan diurut kak, apakah boleh dilakukan apabila keseleo? Nah, sebaiknya hati-hati ya gaes, karena apabila dilakukan pemijatan atau urut yang tidak tepat, cedera yang kalian alami malah bisa bertambah berat lho.

Untuk mencegah cedera keseleo, ada beberapa hal yang bisa kalian siapkan:

  • Gunakan sepatu yang nyaman dan aman saat beraktivitas, khususnya saat berolahraga
  • Hindari pemakaian sepatu hak tinggi bila tidak sedang diperlukan
  • Olahraga rutin namun tidak berlebihan
  • Lakukan pemanasan dan peregangan rutin sebelum berolahraga
  • Hindari olahraga berat tanpa instruktur atau latihan sebelumnya
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama, lakukan peregangan rutin
  • Hati-hati saat beraktivitas di jalan atau lapangan yang basah, licin, atau kasar
  • Gunakan peralatan atau pelindung khusus saat berolahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Konten Terbaru

Selamat datang di Puskesmas Kembangan. Fitur chat ini khusus curhat online remaja
//
Dokter Umum
Kak Wanda
//
Bidan
Kak Ita
//
Ahli Gizi
Kak Desi
//
Dokter Umum
Kak Agnes
//
Dokter Umum
Kak Micca
//
Perawat
Kak Dadang
//
Apoteker
Kak Priska
//
Psikolog
Kak Ros
//
Jak-GO (Jaringan Konsultasi Gigi Online)
Pelayanan Gigi
//
Call Center
Call Center
WhatsApp