dr. Nikmah

July 14, 2022 by Admin0

Hiii Gaes balik lagi nih dengan “ NAKES KITA “ jangan bosan membaca ya hehe..
Ada yang mau kami perkenalkan nih sama kalian di artikel “ NAKES KITA “
Profile tenaga kesehatan kali ini adalah Kepala Puskesmas loh yaitu dr. Nikmah 🙂

Untuk sesi awal mari kita kenalan dulu sama dr. Nikmah, Beliau ini Dokter, PNS sekaligus Kepala Puskesmas Kelurahan Srengseng loh Gaes, Beliau terpilih menjadi perwakilan dan Juara 1 se-DKI Jakarta dalam Upaya Peningkatan Keswa atau Kesehatan Jiwa pada periode Bapak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang sekarang menjabat sebagai Bapak Presiden kita loh.. Mau tau profil beliau lebih dalam?
Let see Gaes .. !!!

Jadi Siapa sih dr. Nikmah itu ??? penasaran khan…
Langsung aja kita tampilkan profilenya :

dr. Nikmah Lahir di Pekalongan tanggal 25 Oktober 1963, Beliau Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara tahun 1992.

“Prestasi Dr. Nikmah“
Untuk perjuangan yang beliau jalani selama menempuh jenjang pendidikan gausah di pertanyakan lagi loh… Persaingan Ketat apalagi menjadi PNS dan untuk menjadi seperti sekarang tuh berlika-liku, kuncinya harus tekun serta sabar, so jenjang pendidikan dan prestasi apa sajakah yang beliau tempuh? Kuy ini dia Gaes :

Pendidikan dulu ya Gaes :
1. SD Taman Baru 1 Jakarta
2. SMPN 83 Jakarta
3. SMAN 6 Bulungan Jakarta
4. Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta
Organisasi yang diikuti yaitu Anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Jakarta Barat.
Anggota FKPT (Forum Komunikasi Pengabdian Teladan) wilayah Jakarta Barat dipercaya sebagai Bendahara.

Beberapa Prestasi yang dicapai adalah :

  1. Setelah lulus menjadi Dokter Umum, Dokter Nikmah harus ikut program PTT, kebetulan Dokter Nikmah ditempatkan di Puskesmas Kelurahan Meruya Utara tahun 1996-1999.
  2. Setelah selesai PTT, tahun 2004 Dokter Nikmah dipanggil lagi untuk menjadi Dokter Honorer di Puskesmas Kecamatan Kembangan sampai tahun 2007 dan Alhamdulillah diangkat menjadi PNS Pemda DKI dan tetap ditempatkan di Puskesmas Kecamatan Kembangan awalnya sebagai Penanggung jawab program Keswa (Kesehatan Jiwa).
  3. Tahun 2009 sebagai Koordinator dan Penanggung Jawab program KIA.
  4. Tahun 2011 dipercaya sebagai Kepala Puskesmas Kelurahan Joglo 2.

Pada Tahun 2013, Dokter Nikmah diminta Kepala Puskesmas Kecamatan untuk ikut Lomba Nakes Teladan tingkat Jakarta Barat dengan mengambil judul makalah “Pembentukan Kelompok Peduli Kesehatan Jiwa Dalam Upaya Peningkatan Program Kesehatan Jiwa” Alhamdulillah meraih Juara 1 dan Mewakili Jakarta Barat untuk ke-Tingkat DKI Jakarta, dan Alhamdulillah tingkat DKI Dokter Nikmah memperoleh Juara 1 lagi.

“Suka Duka dan Motivasi Menjadi Dokter Umum, PNS Sekaligus Kepala Puskesmas“

Masih menurut beliau nih..
yang jadi motivasi Dokter adalah yang pertama ibadah, banyak menolong orang lain, cepat mendapat kerja, terjamin, dan yang pasti menjadi Profesi Dokter tidaklah mudah… yuk siapa disini yang mau jadi Dokter Umum, PNS sekaligus Kepala Puskesmas seperti Dokter Nikmah…??? 🙂
Kalo kalian berfikir enak banget jadi Dokter sekaligus Kepala Puskesmas, kalian perlu tau juga suka duka dalam menjalani profesi ini ya..

Sukanya dulu kali ya… Berikut yang Beliau sampaikan :
1. Alhamdulillah pengalaman yang tak terlupakan mendapatkan piagam penghargaan dari Bapak Jokowi yang pada saat tahun
2013 menjabat Gubernur DKI Jakarta dan ditingkat Nasional bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan para
pejabat benar-benar pengalaman dan kebahagiaan yang tak ternilai dan tak akan terlupakan seumur hidup saya.
2. Dapat menolong masyarakat banyak sembari beribadah.

Sekarang dukanya nih :
Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya kesehatan dan meremehkan, ternyata tau-tau penyakit yang dideritanya sudah komplikasi/parah menjalar ke seluruh organ tubuh.

Ini tips dan motivasi dari Dokter Nikmah ya Gaes, Catat !

  1. Jangan takut untuk mencoba hal baru, pembelajaran yang sangat berharga yaitu Pengalaman, dan jangan Mudah Menyerah serta Senantiasa Berdoa juga memohon Ridho Orang Tua.
  2. Selalu maksimal dalam setiap mengerjakan segala hal dan selalu fokus dalam mencapai tujuan, Rajin Belajar dan Berani menghadapi setiap Rintangan.

Wahh seru ya, jadi ada gambaran kan tantangan nya nanti jika ingin jadi Dokter Umum sekaligus Kepala Puskesmas

Pesan untuk adik-adik remaja :

  • Menjadi Dokter Umum tidak hanya bermodal pintar semata, tetapi harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat luas, Attitude tetap No.1.
  • Apabila kita menginginkan hal yang besar dalam hidup kita, maka kita juga harus siap untuk melakukan perjuangan dan pengorbanan yang lebih besar juga.
  • Jangan mudah menyerah, tetap semangat, jangan sombong, tekuni pekerjaan dengan baik dan jujur.

Gaada yang sulit ya Gaes, di setiap Kesulitan pasti ada Kemudahan, Oke !
Terlebih masyarakat umumnya termasuk kita pasti masih banyak yang belum sadar akan sangat pentingnya Kesehatan, betul gak nih? Mungkin masyarakat kita masih menganut  kata-kata “Ah sudah biasa sakit ini itu nanti juga sembuh, gak perlu ke dokter lah” Hahaha, Noo justru apabila kebiasaan itu tidak baik dan meremehkan kesehatan, kita harus hilangkan ya Gaess.. Ingattt!!!

Di dalam Tubuh yang Sehat itu terdapat Jiwa yang Kuat. Kalo udah sakit apalagi Sakitnya bermacam-macam sudah Komplikasi Hayooo?? Siapa jadinya yang rugi? 🙁

Ok Gaes, sekian dulu yahh informasi yang AloGaes sampaikan, mudah-mudahan bisa memotivasi kalian semua.. barangkali mau jadi Dokter Umum sekaligus Kepala Puskesmas seperti Dokter Nikmah, menjadi bagian untuk menyadarkan masyarakat penting nya menjaga Kesehatan… Aamiin 🙂 Terimakasih sudah membaca Artikel ini, semoga bermanfaat ya Gaes. Bye-Bye…!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Konten Terbaru

Selamat datang di Puskesmas Kembangan. Fitur chat ini khusus curhat online remaja
//
Dokter Umum
Kak Wanda
//
Bidan
Kak Ita
//
Ahli Gizi
Kak Desi
//
Dokter Umum
Kak Agnes
//
Dokter Umum
Kak Micca
//
Perawat
Kak Dadang
//
Apoteker
Kak Priska
//
Psikolog
Kak Ros
//
Jak-GO (Jaringan Konsultasi Gigi Online)
Pelayanan Gigi
//
Call Center
Call Center
WhatsApp