dr. Mariza Wanda Aprilia

October 20, 2022 by Admin0

Alo-alo Gaes Welcome Back With “NAKES KITA“ !!!

Jangan bosan membaca artikel kita ya hehe..

This time, ada yang mau kita perkenalkan lagi nih sama kalian di artikel “NAKES KITA”, Profile tenaga kesehatan sekaligus motivasi untuk kalian kali ini adalah..

Dr. Mariza Wanda Aprila 🙂

Untuk sesi awal mari kita kenalan dulu sama Dokter Wanda, Beliau ini adalah penanggung jawab pli kejiwaan, poli PKPR sekaligus dokter di poli kesehatan jiwa Puskesmas Kecamatan Kembangan loh Gaes, Mau tau profil beliau lebih dalam?
Let see Gaes .. !!!


Jadi Siapa sih Dr. Mariza Wanda Aprilia atau biasa disapa Dr. Wanda itu ???
Langsung aja kita tampilkan profilenya :

Dr. Mariza Wanda Aprila, Tempat tanggal lahir : Padang, 12 April 1990.
Beliau adalah Lulusan dari Fakultas Ilmu Kedokteran Trisakti, Keren kannn…

Pengalaman dan Pendidikan Dr. Wanda
Untuk perjuangan yang beliau jalani selama menempuh jenjang pendidikan gausah di pertanyakan lagi loh… so jenjang pendidikan dan prestasi apa sajakah yang beliau tempuh? Kuy ini dia Gaes 🙂
Pendidikan dulu ya Gaes :

  1. SD Pertiwi Teladan Kota Metro.
  2. SMP Negeri 3 Kota Metro.
  3. SMA Negeri 1 Kota Metro.
  4. Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Trisakti.
  5. Saat ini bergabung di organisasi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sebagai anggota.

Berikut beberapa Pengalaman, Perjuangan, dan Prestasi Dr. Wanda nih Gaes :

Pengalaman (work experience)

  1. Setelah lulus pendidikan Ilmu Kedokteran di Univ. Trisakti, saya harus mengikuti program Internship. Pada saat Internship saya memilih penempatan di Indramayu. Saat internship saya praktek di RSUD Pantura M.A Sentot Patrol selama 8 bulan dan di Puskesmas Sukra selama 4 bulan ditahun 2015-2016.
  2. Setelah internship saya melamar pekerjaan di Puskesmas Kecamatan Kembangan pada tahun 2017, Alhamdulillah setelah melalui proses seleksi saya diterima bekerja disini.
  3. Pada saat pertama kali bekerja di Puskesmas Kecamatan Kembangan saya ditempatkan di poli MTBS.
  4. Tahun 2018 sebagai Koordinator Penyakit Menular dan penanggung jawab poli Lansia.
  5. Pada tahun 2018 ini saya diminta oleh Kepala Puskesmas untuk menjadi fasilitator tim GKM (Gugus Kendali Mutu) PAGAR Kembang lomba Inovasi dan Produktivitas bidang Kesehatan dan Alhamdulillah tim kami mendapatkan Juara 1 di tingkat Kota, Penghargaan Gold di tingkat Provinsi, dan Penghargaan Platinum di tingkat Nasional.
  6. Tahun 2019 sebagai Penanggung jawab poli calon pengantin (CATIN)
  7. Tahun 2020 sebagai Penanggung jawab poli Kesehatan jiwa s.d sekarang
  8. Tahun 2022 sebagai Penanggung jawab poli PKPR

Suka Duka dan Motivasi Menjadi Dokter

Masih menurut beliau nih..
yang jadi motivasi Dokter adalah yang pertama ibadah, banyak menolong orang lain, cepat mendapat kerja, terjamin, dan yang pasti menjadi Profesi Dokter tidaklah mudah… yuk siapa disini yang mau jadi Dokter Umum…??? 🙂
Kalo kalian berfikir enak banget jadi Dokter kalian perlu tau juga suka duka dalam menjalani profesi ini ya..

Suka nya dulu kali yaaa :

  1. Bisa bertemu dengan banyak orang yang berbagai macam karakter pasien yang unik.
  2. Bisa membantu/menolong seseorang sesuai dengan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan.
  3. Jiwa yang sehat/perbaikan gejala pasien dapat meningkatkan semangat dan rasa percaya diri seseorang untuk beraktivitas kembali.

Sekarang yang gak enaknya nih atau Duka nya hehe

Banyak pasien yang takut datang ke dokter poli jiwa karena stigma poli kesehatan jiwa. Padahal tidak semua pasien yang datang ke poli jiwa itu ODGJ berat (orang dengan gangguan jiwa).

Kesehatan mental merupakan hal sama pentingnya dengan kesehatan fisik bagi manusia. Dengan sehatnya mental  seseorang maka aspek kehidupan yang lain dalam dirinya akan bekerja secara lebih maksimal. Untuk itu sebaiknya diperlukan deteksi kesehatan jiwa secara dini untuk mencegah terjadinya gangguan jiwa yang berat.

Pesan untuk adik-adik remaja :

  • Menjadi Dokter Umum harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat luas, Attitude tetap No.1 dan yang pasti sabar menangani pasien yang berbeda-beda karakter.
  • Apabila kita menginginkan hal yang besar dalam hidup kita, maka kita juga harus siap untuk melakukan perjuangan dan pengorbanan yang lebih besar juga.
  • Jangan mudah menyerah, tetap semangat, jangan sombong, tekuni pekerjaan dengan baik dan jujur.

Man Jadda Wa Jada, Oke !


Ok Gaes, sekian dulu yahh informasi yang AloGaes sampaikan, mudah-mudahan bisa memotivasi kalian semua.. barangkali mau jadi Dokter Umum seperti Dr. Wanda, menjadi bagian untuk menyadarkan masyarakat penting nya menjaga Kesehatan… Semoga cita-cita kalian semua tercapai yaa… Aamiin 🙂 Terimakasih sudah membaca Artikel ini, semoga bermanfaat ya Gaes. Bye-Bye…!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Konten Terbaru

Selamat datang di Puskesmas Kembangan. Fitur chat ini khusus curhat online remaja
//
Dokter Umum
Kak Wanda
//
Bidan
Kak Ita
//
Ahli Gizi
Kak Desi
//
Dokter Umum
Kak Agnes
//
Dokter Umum
Kak Micca
//
Perawat
Kak Dadang
//
Apoteker
Kak Priska
//
Psikolog
Kak Ros
//
Jak-GO (Jaringan Konsultasi Gigi Online)
Pelayanan Gigi
//
Call Center
Call Center
WhatsApp