dr. Agnes Pretty

December 14, 2022 by Admin0

Assalamualaikum Wr. Wb

Heyhooo gaes, semangat pagi !
Salam sehat buat kita semua. Welcome back to our healthy, funny, and inspiratif articles Alogaes.

Gak kerasa yaa sekarang udah di penghujung akhir tahun 2022 menuju 2023, hayooo udah ngapain aja nih selama tahun 2022? Hihihii pastinya tahun 2023 harus lebih baik lagi dari tahun ini ya Gaess..

Gaes, tepat pada tanggal 1 Desember kemarin diperingati hari Aids Sedunia. Kali ini mimin mau kenalin nih sahabat nakes kita yang berhubungan dengan HIV/AIDS yaitu dr. Agnes Pretty. dr Agnes Pretty adalah penanggung jawab program HIV di Puskesmas kita tercinta (Puskesmas Kecamatan Kembangan). dr Agnes lahir tanggal 14 April 1987 di Jakarta. Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama di Sekolah Samaria Kudus pada tahun 1993 – 2002. SMA di SMUN 78 Jakarta dan Kuliah di FK Ukrida, sekarang berkarir di Puskesmas Kecamatan Kembangan. Selain berkarir di puskesmas Kecamatan Kembangan, beliau juga membuka praktek pribadi lohh.. Praktek Pribadi FG Dental and Wallnes Clinic, hihiww keren ya gaes..

Dr Agnes juga sangat aktif loh di berbagai organisasi, seperti Ketua GKM Pagar Kembang di tahun 2018 Fasilitator GKM Alogaes di tahun 2019 dan Pengurus IDI Jakarta Barat.

Sebagai penanggung jawab program HIV/AIDS tentunya dr Agnes memiliki banyak kegiatan yang super duper sibuk terkait HIV/AIDS. Cekidot…


Disini ada yang tau HIV AIDS itu apa?

Yappp betul, HIV dan AIDS itu berbeda loh gaes, HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.

Kelompok orang yang lebih berisiko terinfeksi, antara lain:

  • Orang yang melakukan hubungan intim tanpa kondom, baik hubungan sesama jenis maupun heteroseksual.
  • Orang yang sering membuat tato atau melakukan tindik.
  • Orang yang terkena infeksi penyakit seksual lain.
  • Pengguna narkotika suntik.
  • Orang yang berhubungan intim dengan pengguna narkotika suntik.

Ngeriii ya gaes,.

Tapi tapi tapiiii meskipun sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan HIV, tetapi ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus. Jenis obat ini disebut antiretroviral (ARV).

ARV bekerja dengan menghilangkan unsur yang dibutuhkan virus HIV untuk menggandakan diri dan mencegah virus HIV menghancurkan sel CD4. Jenis obat ARV memiliki berbagai varian, antara lain Etravirine, Efavirenz, Lamivudin, Zidovudin, dan juga Nevirapine

Kitaa sebagai generasi muda harus tau betul mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk kita ya gaes, seperti pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, so jauhi narkoba dan sex bebas.

dr Agnes said “Jangan sia-sia kan masa muda untuk hal yang tidak bermanfaat, manfaatkan waktu sebaik mungkin karena masa muda tidak akan datang 2x, melakukan hal positif dan gaya hidup sehat adalah kunci”

Tetap semangat ya gaess di tengah gempuran virus social media yang mungkin banyak mencontohkan hal yang kurang baik, Tetap bentengi diri dengan IMUN dan IMAN. See you next month sahabat Alogaes, Byee
Wassalamualaikum Wr.Wb


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Konten Terbaru

Selamat datang di Puskesmas Kembangan. Fitur chat ini khusus curhat online remaja
//
Dokter Umum
Kak Wanda
//
Bidan
Kak Ita
//
Ahli Gizi
Kak Desi
//
Dokter Umum
Kak Agnes
//
Dokter Umum
Kak Micca
//
Perawat
Kak Dadang
//
Apoteker
Kak Priska
//
Psikolog
Kak Ros
//
Jak-GO (Jaringan Konsultasi Gigi Online)
Pelayanan Gigi
//
Call Center
Call Center
WhatsApp