Content

Jangan lupa dishare ya Guys!

16608975619033-1200x800.jpeg
14/Jul/2024

Alo gaes..

Tahukah kamu sepanjang tahun 2023 tercatat lebih dari 19.000 kasus kekerasan yang tercatat di seluruh Indonesia. Dari semua kasus itu didominasi oleh korban rentang usia 13-17 tahun. Yaitu 38% dari jumlah kasus yang tercatat, dan tentunya jumlah ini lebih sedikit dari pada fakta lapangan mengingat banyaknya korban yang tidak mau melaporkan diri. Kemen-PPPA juga menemukan, jenis kekerasan yang paling banyak dialami korban berupa kekerasan seksual, yaitu sebanyak 8.585 kasus, diikuti kekerasan fisik 6.621 kasus, dan kekerasan psikis 6.068 kasus. Hanya sebagian kecil kasus kekerasan yang dilaporkan, karena sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa kasus KtP/A adalah aib dan merupakan masalah “domestik” dalam keluarga, yang tidak pantas diketahui orang lain.

Puskesmas Kembangan memiliki Pelayanan KtP/A yaitu  poli yang menangani korban-korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Pelayanan bisa didapatkan 24 jam terintegrasi dengan Pelayanan 24 jam Puskesmas Kembangan, sebagai contoh pelayanan terhadap kasus-kasus kekerasan fisik,  kekerasasn psikis, kekerasan verbal, TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang), kekerasan berbasis gender.

  • Kekerasan Fisik adalah tindakan yang bertujuan untuk melukai, menyiksa atau menganiaya orang lain, dengan menggunakan anggota tubuh pelaku (tangan, kaki) atau dengan alat-alat lain
  • Kekerasan Seksual adalah kekerasan yang bernuansa seksual, termasuk berbagai perilaku yang tak diinginkan dan mempunyai makna seksual yang disebut pelecehan seksual, maupun berbagai bentuk pemaksaan hubungan seksual yang disebut sebagai perkosaan
  • Kekerasan Psikis adalah perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya dan/atau penderitaan psikologis berat pada seseorang
  • Eksploitasi perempuan dan anak adalah penggunaan perempuan dan atau anak dalam pekerjaan atau aktivitas lain untuk keuntungan orang lain, termasuk pekerja perempuan dan/atau anak, serta prostitusi
  • Perdagangan Orang/ Trafiking Perdagangan Orang adalah tindakan perekrutan, pengangkatan, penampungan, pengiriman, pemindahan atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat, sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam negara maupun antar negara, untuk tujuan eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi

Bagaimanakah alurnya jika kita melihat atau menjadi korban dari kekerasan? Korban bisa langsung datang ke Puskesmas, tim KtP/A akan menangani korban dalam hal medis dan akan bekerjasama dengan P2TPA (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) dalam menindaklanjuti kasus.

Jadi buat kamu-kamu yang menjadi korban jangan khawatir untuk melaporkan diri ya, atau bisa jika kamu takut untuk berobat ke Puskesmas maka bisa langsung hubungi hotline P2TP2A +62 813-1761-7622 kapanpun jika terjadinya kasus.

 

 


14/Jul/2024

Halooo Gaes, jumpa lagi nih dengan “NAKES KITA“

Ada yang mau kami perkenalkan lagi nih sama kalian di artikel “NAKES KITA“

Jangan bosan membaca artikel kami ya gaes, profil tenaga kesehatan yang akan kami perkenalkan di Puskesmas Kembangan kali ini adalah… dr. Sari Wardeni 🙂

Untuk sesi awal mari kita kenalan lagi yuk sama dr. Sari Wardeni. Mau tau profil beliau lebih dalam?

Let’s Find Out .. !!!

Sebelum kita mulai perkenalannya, kita harus tau dulu nih… apa sih itu Profesi dokter ? Menurut Astuti (2009) mendefinisikan Dokter adalah orang yang memiliki kewenangan dan izin sebagaimana mestinya untuk melakukan pelayanan kesehatan, khususnya memeriksa dan mengobati penyakit dan dilakukan menurut hukum dalam pelayanan kesehatan.

Langsung aja kita tampilkan profilenya dr. Sari Wardeni ya Gaes

dr. Sari Wardeni lahir di Padang, 18 Desember 1987. Masuk kuliah FK Universitas Baiturrahmah Padang tahun 2006. Saat ini menjabat sebagai Penanggung Jawab Pelayanan KtP/A dan KIA Puskesmas Kembangan.

“Pendidikan dan Pelatihan“

Pendidikan :
SD Muhammadiyah Tembilahan tahun 1993-1999
SMP Negeri 2 Tembilahan tahun 1999-2003
SMA Negeri 2 Tembilahan tahun 2003-2006
FK Universitas Baiturrahmah Padang 2006-2013

Pelatihan :
EKG tahun 2017
ATLS tahun 2019
ACLS tahun 2021
USG Tahun 2023

Organisasi IDI dari tahun 2013

“Suka Duka dan Motivasi Menjadi Dokter”

Masih menurut beliau nih.. motivasi menjadi dokter mungkin tiap kita berbeda-beda ya, kalau kalian berfikir enak banget jadi dokter kalian perlu tau juga suka duka dalam menjalani profesi ini ya..

Sukanya : Senang melayani pasien yang membutuhkan pelayanan medis khususnya korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dukanya : Tidak bisa maksimal memberikan perhatian kepada keluarga terutama pada anak

Wahh seru ya, jadi ada gambaran kan tantangan nya nanti jika ingin jadi dokter…

Ini nih pesan untuk adik-adik remaja :

“Manusia memang tidak bisa sempurna. Tapi, bukan berarti jadi alasan untukmu enggan berusaha, kekuatan tidak datang dari kemampuan fisikal, tetapi ia datang dari semangat yang tidak pernah mengalah. orang yang sukses tidak selalu orang yang pintar, tapi orang sukses adalah mereka yang gigih dan pantang menyerah.”

Ok Gaes, sekian dulu yahh informasi yang AloGaes sampaikan, mudah-mudahan bisa memotivasi kalian semua.. siapa tau kalian mau jadi dokter seperti dr. Sari Wardeni dan turut serta meningkatkan kesehatan masyarakat… Aamiin 🙂 Terimakasih sudah membaca Artikel ini, semoga bermanfaat ya Gaes. See You!!!


s.jpg
14/Jun/2024

Aloges, tau gak sih pentingnya memilah sampah untuk menjaga kelestarian lingkungan kita? Pemilahan sampah adalah langkah awal yang sangat penting dalam mengelola sampah agar tidak mencemari lingkungan dan dapat didaur ulang dengan baik. Dengan memilah sampah, kita bisa memisahkan antara sampah organik dan anorganik, sehingga proses pengolahan sampah menjadi lebih efisien.

Siapa di antara kita yang tidak ingin melihat lingkungan yang bersih dan sehat? Memilah sampah mungkin tampak seperti tugas yang sepele, tapi dampaknya sangat besar bagi kelestarian bumi kita. Yuk, mulai dari sekarang, kita biasakan untuk memilah sampah dengan benar di rumah masing-masing. Dengan begitu, kita tidak hanya berkontribusi pada kebersihan lingkungan, tetapi juga mendukung upaya daur ulang yang berkelanjutan.

Sampah Organik

Sampah organik adalah jenis sampah yang berasal dari bahan-bahan alami dan mudah terurai oleh mikroorganisme. Contohnya termasuk sisa makanan, kulit buah, sayuran, daun, ranting, dan kotoran hewan. Berikut ini beberapa poin penting tentang sampah organik:

  1. Pengomposan: Sampah organik bisa diolah menjadi kompos yang berguna sebagai pupuk alami untuk tanaman. Proses ini tidak hanya mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir, tetapi juga menghasilkan bahan yang bermanfaat untuk pertanian dan berkebun.
  2. Pengelolaan di Rumah: Kita bisa memulai dengan memilah sisa makanan dan dedaunan di rumah untuk kemudian diolah menjadi kompos. Banyak rumah tangga kini mulai menggunakan komposter untuk mengelola sampah organik mereka.

Manfaat Lingkungan: Dengan mengelola sampah organik, kita mengurangi emisi gas metana yang dihasilkan oleh pembusukan sampah di tempat pembuangan akhir. Metana adalah salah satu gas rumah kaca yang berkontribusi pada pemanasan global.

Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah terurai oleh mikroorganisme dan biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai secara alami. Contohnya termasuk plastik, kaca, logam, dan kertas. Berikut ini beberapa poin penting tentang sampah anorganik:

  1. Daur Ulang: Banyak jenis sampah anorganik, seperti plastik, kertas, dan logam, dapat didaur ulang menjadi produk baru. Proses daur ulang ini membantu mengurangi penggunaan bahan baku baru dan mengurangi volume sampah yang harus dibuang.
  2. Pengelolaan di Rumah: Kita bisa memulai dengan memisahkan sampah anorganik dari sampah lainnya. Misalnya, botol plastik, kaleng, dan kertas dapat dikumpulkan dan dibawa ke pusat daur ulang.
  3. Pencemaran Lingkungan: Sampah anorganik yang tidak dikelola dengan baik bisa mencemari lingkungan, terutama plastik yang dapat mencemari laut dan membahayakan kehidupan laut. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilah dan mendaur ulang sampah anorganik.

Mengapa Pemilahan Sampah Penting?

  1. Mengurangi Volume Sampah: Dengan memilah sampah, kita bisa mengurangi volume sampah yang harus dibuang ke tempat pembuangan akhir. Ini membantu mengurangi tekanan pada tempat pembuangan sampah yang sudah penuh.
  2. Menghemat Sumber Daya: Pemilahan dan daur ulang sampah membantu menghemat sumber daya alam karena bahan yang didaur ulang bisa digunakan kembali.
  3. Melindungi Lingkungan: Mengelola sampah dengan baik membantu melindungi lingkungan dari pencemaran dan kerusakan yang disebabkan oleh sampah.

Jadi, mari kita mulai memilah sampah dari sekarang! Dengan langkah kecil ini, kita bisa membuat perubahan besar untuk lingkungan kita. Yuk, kita jaga bumi kita agar tetap bersih dan sehat untuk generasi mendatang.


14/Jun/2024

Halooo Gaes, Welcome Back nih dengan “NAKES KITA“

Ada yang mau kami perkenalkan lagi nih sama kalian di artikel “ NAKES KITA “Profile tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Kembangan kali ini yaitu Kak Vera Wulandari, Amd.KL

Untuk sesi awal mari kita kenalan lagi yuk sama Sanitarian yaitu Kak Vera Wulandari, Amd.KL di bagian Kesehatan Lingkungan. Mau tau profil beliau lebih dalam?

Let’s Find Out .. !!!

Sebelum kita mulai perkenalannya, kita harus tau dulu nih… apa sih itu Profesi Sanitarian ? Sanitarian atau Tenaga Sanitarian adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan di bidang kesehatan lingkungan sesuai ketentuan peraturan perundangan- undangan. Sanitarian (juga dikenal sebagai Inspektur Kesehatan Masyarakat atau Praktisi Kesehatan Lingkungan) bertanggung jawab untuk melaksanakan tindakan untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Langsung aja kita tampilkan profilenya Kak Vera ya Gaes

Vera Wulandari, Amd.KL, Lahir di Lahat, 15 Oktober 1993, Beliau adalah lulusan Tahun 2012-2015 DIII Akademi Kesehatan Lingkungan Pemprov Sumatera Selatan dengan menempuh Pendidikan terakhir Diploma III Kesehatan Lingkungan. Saat ini Kak Vera menjabat sebagai Koordinator Sanitarian Puskesmas Kembangan, Tim Pemeliharaan Puskesmas Kembangan, Tim audit internal Puskesmas Kembangan, koordinator kegiatan PJLP CS Puskesmas Kembangan, Kerennn bukan??

Pendidikan dan Prestasi Kak Vera Wulandari, Amd.KL

Untuk perjuangan yang beliau jalani selama menempuh jenjang pendidikan pastinya sangat perlu pengorbanan, berikut Pendidikan yang pernah beliau jalani :

  1. Tahun 2001- 2006 SD Negeri 38 Lahat
  2. Tahun 2006 – 2009 SMP Negeri 2 Lahat
  3. Tahun 2009 – 2012 SMA Negeri 2 Lahat
  4. Tahun 2012 – 2015 DIII Akademi Kesehatan Lingkungan Pemprov Sumatera Selatan

Beberapa Prestasi yang dicapai dan Workshop/Seminar/Pelatihan :

  • Pelatihan K3 Umum (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di Palembang oleh KementerianTenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Tahun 2014
  • Pelatihan SMK3 Umum (Sistem Manajemen K3) di Palembang oleh KementerianTenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Tahun 2014
  • Pelatihan Public Speaking dan Presentation Skill di Palembang oleh Palembang School Tahun 2014
  • Pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) di Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Tahun 2016
  • Pelatihan Demonstrasi Alat Rapid Test di Puskesmas Kembangan oleh PT. Indo Tekhnoplus Tahun 2016
  • Seminar Nasional kesehatan masyarakat sustainabilitas kualitas lingkungan setelah Pandemic COVID19 oleh Universitas Esa Unggul Jakarta Tahun 2020
  • Seminar Nasional Implementasi Protokol Kesehatan Dan Kesehatan Lingkungan di Tempat Fasilitas Umum Dalam Menghadapi Tatanan Normal Baru oleh HAKLI tahun 2020
  • Seminar Daring Nasional Pengelolaan Limbah Domestik (Open Defecation Free) oleh Poltekes Kemenkes Lampung Tahun 2020
  • Seminar Daring Nasional Teknologi Tepat Guna Pengelohan Air oleh Poltekes Kemenkes Pontianak Tahun 2021
  • Seminar Nasional Disemenasi Nasional oleh HAKLI Tahun 2020

Organisasi :

-Anggota Profesi himpunan ahli kesehatan lingkungan indonesia (HAKLI)

-Anggota forum komunikasi dan pengabdian teladan kesehatan (FKPTK) DKI Jakarta

Prestasi : Juara 1 tenaga Kesehatan teladan Kota Adm. Jakarta Barat

Inovasi nakes teladan : Mengangkat tema tentang pemilahan sampah membentuk suatu perkumpulan warga/masyarakat peduli sampah sejak dini (Laskar Peduli Sampah “LAPIS”)

Suka Duka dan Motivasi Menjadi Sanitarian

Masih menurut beliau nih.. yang jadi motivasi Kak Vera tentunya pasti membahagiakan dan membuat bangga kedua Orang Tua, keren yaa..

Eitss…. Kalo kalian berfikir enak banget jadi Sanitarian kalian perlu tau juga suka duka dalam menjalani profesi ini ya..

Sukanya :

  1. Bisa memperoleh penghasilan sekaligus liburan, karena pekerjaannya lebih banyak dilakukan di lapangan.
  2. Bermanfaat bagi orang banyak dan bisa sekaligus menjaga lingkungan bumi tercinta

Nah dukanya :

Banyak Tantangan yang harus dihadapi terutama yang berhubungan dengan tiap individu masyarakat yang berbeda. Dan tentu saja sanitarian bukanlah pekerjaan yang mudah loh sahabat Alo Gaes.

Penghargaan

PenghargaanTenaga Kesehatan Teladan oleh Walikota Jakarta Barat Tahun 2023

Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan oleh Kasudin Kesehatan Jakarta Barat Tahun 2023

Poster Inovasi

Bakti sosial (lisolisasi pasca banjir di lingkungan masyarakat)

Ini nih Pesan dari Kak Vera untuk adik-adik remaja dan seluruh pembaca :

 Perjalanan 1000 mil dimulai dengan 1 langkah 

Harus diingat bahwa tragedi hidup tidak terletak pada tidak tercapainya tujuanmu. Tragedinya terletak pada tidak memiliki tujuan untuk dicapai. Jadilah manusia yang mempunyai prinsip setelah kamu melangkah keluar dari zona nyamanmu, kamu mulai berubah, tumbuh dan terus berubah … Berpegang teguh lah pada kata “ Lebih baik tiga jam terlalu cepat daripada terlambat 1 menit “ maka semua akan mengubah cita dan tujuanmu.

Ok Gaes, sekian dulu yahh informasi yang Alo Gaes sampaikan, mudah-mudahan bisa memotivasi kalian semua.. siapa tau kalian mau jadi Sanitarian seperti Kak Vera dan turut serta menjadi bagian untuk menyadarkan masyarakat penting nya menjaga Kesehatan Lingkungan demi Kepentingan Semuanya… Aamiin 🙂 Terimakasih sudah membaca Artikel ini, semoga bermanfaat ya Gaes. See You!!!


13/Jun/2024

S , remaja putri ,usia 18 tahun :
Halo kak , mau curhat dong,
Kak jari saya kaya cantengan gitu, saya sudah periksa ke dokter dan sudah dikasih obat paracetamol , antibiotik serta salep oleh dokter di puskesmas kembangan.
Lukanya sudah agak kering , namun jari saya masih agak bengkak dan terasa nyeri. Saya sudah mengkonsumsi obat selama 1 minggu, obatnya masih tinggal beberapa lagi, sebaiknya bagaimana ya kak?

Jawab : Halo kak S..
Baik kak ,apabila antibiotiknya masih ada silahkan obat antibiotiknya diminum sampai habis dahulu, namun apabila antibiotik sudah habis dan masih belum ada perubahan sebaiknya kakak kontrol kembali ke puskesmas kembangan ya kak, agar bisa diperiksa kembali oleh dokternya. Kakak bisa datang ke poli PKPR puskesmas kembangan hari Senin-Jum’at di jam kerja ya kak. Semoga lekas sembuh🙏🏻


A1.png
14/Oct/2023

Aloo Gaes..

Taukah kalian apa itu Kesehatan jiwa?
Yasss, Kesehatan Jiwa adalah kondisi di mana seorang individu dapat berkembang secara fisik, jiwa, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.  Jadi, KESEHATAN JIWA BUKAN HANYA TIDAK ADANYA GANGGUAN JIWA yaa gaess.

Menurut Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) menjelaskan pengertian dari kesehatan mental sebagai kondisi yang memungkinkan adanya perkembangan yang baik secara fisik, intelektual dan emosional, sepanjang hal itu sesuai dengan keadaan orang lain. Kesehatan mental yang baik memiliki kondisi batin yang berada dalam keadaan tentram, tenang dan positif, sehingga hal tersebut membuat seseorang untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Namun ketika sebaliknya ketika memiliki gangguan kesehatan mental maka akan menimbulkan dampak seperti: emosi selalu tinggi dan cepat marah dan mengalami sakit yang tidak dapat dijelaskan Ketika seseorang merasakan dan mengalami :
1. Kurang atau terlalu banyak makan dan tidur
2. Kurang berenergi (tidak berdaya)
3. Sangat sedih, bingung, gelisah, dan takut tanpa alasan yang jelas
4. Mendengar suara atau meyakini hal yang tidak ada dan tidak nyata
5. Tidak mampu melakukan pekerjaan sehari-hari yang seharusnya dapat dilakukan dengan mudah , seperti mandi, menyisir rambut, merawat tubuh.

Kita dapat men-support mereka dengan memberikan bantuan berupa mendengar apa yang mereka katakan dengan baik, atau mengajak mereka untuk pergi ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau klinik yang menyediakan jasa psikolog atau psikiater.


14/Oct/2023

Aloo Gaes!! Welcome back to our healthy, funny, and inspiratif articles Alogaes.

Kita mau kenalin nih, salah satu Teman Nakes Kita yang ga lain dan ga bukan Kak Rosi Silmiyanita M.Psi., Psikolog. Sebelumnya ada yang sudah kenal sama Kak Rosi? Hemm pasien yang sudah pernah ke Puskesmas Kembangan pasti tau beliau (khususnya ke poli psikolog).

Yuukk kenalan lebih dekat lagi sama Kak Rosi..

Kak Rosi lahir di Jakarta, 6 November 1982. Riwayat Pendidikan beliau SD Al Falah II Pagi, SMP Al-Hasanah, SMA 85 Jakarta, S1 Psikologi UIN Syarif Hidayatullah dan S2 Magister Profesi Psikologi. Kak Rosi sangat aktif loh gaes, beliau bergabung di beberapa konsultasi nasional, menjadi narasumber di berbagai institusi Pendidikan, Perusahaan, dan Kesehatan. Sebelum di Puskesmas Kembangan, karir Kak Rosi sudah malang melintang kemana – mana loh gaes, yaitu :

  • Outsourcing Bank Bukopin
  • Biro Konsultasi Dinamis
  • People Power Counsulting
  • PILDACIL 3 (Counselor)
  • PILDACIL 4 (Counselor)
  • Ass.Manager Operation zakia Class of Akhlaq And Leadersip
  • Yayasan Langkah Kita (Counselor)
  • Meraih surga In Television Program (Counselor)
  • Interviewers at PT. Duta Griya Sarana
  • Sintesa outsourcing
  • PT. ADITEC CAKRAWIYASA
  • Assesor at Pegadaian
  • Assesor at AIDA Counsulting
  • Asessor at PT. Daya Energi Mandiri
  • Lecture at UAI
  • PT.INABEN
  • Assesor at BPJS
  • Asociate ACT Assessment
  • Asociate at Prakarsa Consulting
  • Asociated at  Matahati Counsulting
  • Asessor at PT.Sinergi Informatika Semen Indonesia
  • Asessor PT.Amanah Reality
  • Asessor  at PPM Manajemen
  • Asessor at Psikologi Kita Konsulting

Beragam penyuluhan dan sosialisasi di lingkungan masyarakat maupun lingkungan sekolah Kak Rosi sampaikan dengan menarik dan mudah dipahami sehingga menarik di bagi berbagai kalangan masyarakat. Menjadi psikolog dapat membantu orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung positifnya bisa bertemu orang banyak, pertemanan menjadi lebih luas, menemukan hal hal baru special membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Nah gaes asik kan jadi Psikolog, teman teman dapat menjadi psikolog dengan kuliah S1 di Psikologi dan dilanjutkan dengan profesi / S2 nya yaa…

Kesan dan Pesan untuk Remaja saat ini :

  • Lets Try Everything

Mencoba untuk melakukan hal hal / kegiatan yang sifatnya positif, jangan takut untuk bisa mencoba, karena kalo kita tidak pernah mencoba kita gak akan pernah tau. Belum berhasil bukan berarti gagal hanya perlu proses belajar lebih lama, keep going ..latihan membuat diri menjadi lebih baik

  • Keep Being Positif Thinking

Berlatih untuk bisa menumbuhkan pemikiran yang positif dalam setiap situasi atau keadaan yang kita temui, lihat segala hal dari sisi baiknya,sehingga fokus kepada proses yang kita jalani, karena hasil adalah bonus dari kerja keras kita dan doa yang dilangitkan.

Ok Gaes sekian Alogaes kali ini, sampai jumpa lagi bulan depan yaa…Byee byeee


21/Sep/2023

Aloo gaes salam sehat buat kita semua. Welcome back to our healthy, funny, and inspiratif articles AloGaes.

Kita mau kenalin nih, salah satu Teman Nakes kita yaitu drg. Hans Effendy. Dokter Hans lahir di Padang, 11 Februari 1994. Riwayat Pendidikan Beliau, SMA Don Bosco Padang, beliau kecil hingga remaja tinggal di Padang tanah kelahirannya. Hingga pada saat menempuh Pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi Dokter Hans hijrah ke Jakarta tepatnya di Universitas Trisakti pada tahun 2015 dan lulus sebagai Dokter gigi pada tahun 2019. Selepas lulus beliau berkarir di Puskesmas Kecamatan Kembangan dari tahun 2020 hingga sekarang.

Semasa kuliah Dokter Hans terkenal aktif dalam berbagai kegiatan di dalam organisasi kampus maupun diluar kampus, tak heran jika beliau adalah salah satu Dokter Gigi yang yang aktif dalam program – program yang diadakan di Puskesmas Kecamatan Kembangan. Berikut kegiatan beliau yang super duper sibuk dan insipratif di Puskesmas Kecamatan Kembangan gaes, cekidott :

Nah gaes berikut beberapa kegiatan Dokter Hans yang super duper inspiratif ya..

Dokter Hans titip pesan nih gaes, untuk kita para remaja dan adik adik sekalian, Dokter Hans said :

Saran untuk adik adik remaja :

  1. Temukan apa hal yang menjadi passion kalian, apa bakat yang kalian miliki dan kalian senangi
  2. Asah terus bakat yang kalian miliki, jangan takut gagal karena semua orang pasti pernah gagal
  3. Meskipun memiliki minat terhadap bidang selain pelajaran sekolah, pendidikan formal tetap harus menjadi nomor 1, karena bekal pendidikan, ilmu dan agama yang akan menjadi dasar kita untuk bisa menjadi orang yang lebih hebat lagi

Gimana gaes inspiratif bangent kan. Dibalik pencapaiannya sekarang Dokter Hans juga mengalami suka dan duka nya sebagai Dokter Gigi loh, apa aja yaa kira kira suka duka menjadi seorang dokter gigi

Suka:
1. Bisa menolong orang lain menyelesaikan permasalahan gigi dan mulutnya sehingga tidak sakit lagi dan membuat lebih percaya diri
2. Membantu orang agar paham kalau kesehatan gigi dan mulut itu ternyata sangat penting

Duka:
1. Ketika pasien umur remaja datang tapi giginya sudah hancur sehingga harus dicabut
2. Banyak pasien yang tidak menghargai dan memperhatikan kesehatan tubuhnya, terutama gigi dan mulutnya.

OK gaes sekian dulu AloGaes kali ini ya, see you next month yaa.. Bye


21/Sep/2023

Aloo Gaes, Welcome Back nih dengan “NAKES KITA“

Ada yang mau kami perkenalkan lagi nih sama kalian di artikel “NAKES KITA“

Profil tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Kecamatan Kembangan kali ini adalah dr Fida Khalidah Ziah

Untuk sesi awal mari kita kenalan lagi yuk sama dr Fida Khalidah Ziah. Mau tau profil beliau lebih dalam?

Let’s Find Out .. !!!

Sebelum kita mulai perkenalannya, kita harus tau dulu nih, apa sih itu Profesi dokter ? Menurut Astuti (2009) mendefinisikan Dokter adalah orang yang memiliki kewenangan dan izin sebagaimana mestinya untuk melakukan pelayanan kesehatan, khususnya memeriksa dan mengobati penyakit dan dilakukan menurut hukum dalam pelayanan kesehatan.

Langsung aja kita tampilkan profilenya dr Fida Khalidah Ziah ya Gaes :

Fida Khalidah Ziah, Lahir di Tangerang 14 Juni 1993 Beliau adalah lulusan Universitas Tarumanagara dengan menempuh Pendidikan terakhir Strata 1 Kedokteran. Saat ini Beliau bekerja di Puskesmas Kecamatan Kembangan.

Jenjang Pendidikan dan Pengalaman kerja yang ditempuh oleh dr. Fida :
1. Pendidikan terakhir : SD Bina Insani Tangerang, SMP 3 Tangerang, SMA 7 Tangerang, S1 Kedokteran Universitas Tarumanagara.
2. Pengalaman kerja : Internship di RS Krakatau Medika Cilegon, Puskesmas Kelurahan Meruya Selatan 1, Puskesmas Kecamatan Kembangan.

Suka Duka dan Motivasi Menjadi Dokter

Masih menurut beliau nih.. Kalo kalian berfikir enak banget jadi dokter kalian perlu tau juga suka duka dalam menjalani profesi ini ya..
Sukanya :
1. Dapat menolong orang lain.
2. Membuat kedua orang tua bangga.
3. Lebih banyak bekerja sambil beribadah.

Dukanya :
1. Menghadapi masyarakat dengan perbedaan sosial dan kepercayaan sehingga menyulitkan pelayanan kesehatan yang diberikan atau menolak pelayanan yang diberikan.
2. Pada saat kerja sulit izin serta meninggalkan keluarga terutama apabila ada anggota keluarga yang sakit.

Ini nih Pesan dari dr. Fida Khalidah Ziah untuk adik-adik remaja :
“Jangan patah semangat ya guys, selalu ada jalan untuk orang yang ga pernah berhenti berusaha“

Ok Gaes, sekian dulu yahh informasi yang AloGaes sampaikan, mudah-mudahan bisa memotivasi kalian semua.. siapa tau kalian mau jadi dokter seperti dr Fida Khalidah Ziah dan turut serta meningkatkan kesehatan masyarakat… Aamiin 🙂 Terimakasih sudah membaca Artikel ini, semoga bermanfaat ya Gaes. See You!!!


G1.png
11/Sep/2023

Aloges, sebagai salah satu bagian yang penting dari diri kita, gigi juga perlu dirawat kesehatannya. Memelihara kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap orang agar kesehatan gigi dapat terjaga dengan baik, selain terhindar dari masalah gigi. Kesehatan gigi dan mulut akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Cara-Cara Memelihara Kesehatan Gigi

  1. Rajin Sikat Gigi
    Menyikat gigi dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Dengan rajin menyikat gigi dapat membuat gigi anda bersih dan sehat, serta menyegarkan mulut. Dianjurkan untuk rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang.

  1. Pilih Sikat Gigi Yang Tepat
    Sebelum menyikat gigi, baiknya memilih sikat gigi yang tepat terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Sikat gigi yang baik adalah tangkai sikat gigi yang lurus agar mudah dipegang, kepala sikat gigi tidak terlalu besar agar dapat menjangkau seluruh permukaan gigi dan bulu sikat gigi yang lembut, serta permukaan bulu sikatnya rata. Tak hanya memperhatikan bentuk dari sikat gigi. Cara menyikat gigi juga menentukan kesehatan gigi dan mulut. Disarankan untuk menggosok gigi dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi.

  1. Lakukan Flossing
    Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu dilakukan setiap sehari sekali. Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Cara menggunakan benang gigi yaitu dengan melilitkan satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan dan satu ujung benang lainnya di jari telunjuk tangan kiri. Kemudian, jepit kedua ujung benang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang tetap tegang dan bersihkan sela gigi satu per satu.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Dan Minuman Manis
    Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini karena minuman maupun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.

  1. Konsumsi Buah-Buahan Dan Sayuran
    Sebagai alternatif dari konsumsi makanan dan minuman manis, konsumsi buah dan sayur menjadi pilihan yang baik. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan buah dan sayuran yang berserat dan berair dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Contoh buah-buahan seperti buah apel, pir, semangka, jeruk, dan lainnya. Kemudian contoh sayuran seperti sawi, brokoli, bayam, wortel dan lain sebagainya.

  1. Minum Air Putih Yang Cukup
    Minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan gigi dan mulut. Dengan minum air putih dapat membantu membersihkan dan meluruhkan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Maka anda harus rutin minum air putih setiap harinya.

  1. Rajin Periksakan Diri Ke Dokter

Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk mendeteksi lebih awal kondisi gigi dan mulut anda. Jika ada masalah pada gigi, gusi maupun rongga mulut dapat segera diatasi, sehingga anda dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Itulah beberapa cara dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut anda dapat mencegah penyakit gigi dan mulut. Oleh karena itu, anda harus selalu memperhatikan kebersihannya, menjaga pola hidup yang sehat agar gigi dan mulut anda dapat terjaga dengan baik dan juga sehat.


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Selamat datang di Puskesmas Kembangan. Fitur chat ini khusus curhat online remaja
//
Dokter Umum
Kak Wanda
//
Bidan
Kak Ita
//
Ahli Gizi
Kak Desi
//
Dokter Umum
Kak Agnes
//
Dokter Umum
Kak Micca
//
Perawat
Kak Dadang
//
Apoteker
Kak Priska
//
Psikolog
Kak Ros
//
Jak-GO (Jaringan Konsultasi Gigi Online)
Pelayanan Gigi
//
Call Center
Call Center
WhatsApp